Suksesnya Toko Kelontong

Posted on

 

Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang resah karena adanya musibah yang melanda seluruh dunia. Hal tersebut menyebabkan munculnya berbagai macam peraturan yang mengharuskan sebagian besar orang untuk tetap tinggal di rumah dan bekerja di rumah. Tak jarang pula, musibah tersebut menyebabkan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran dan menimbulkan banyaknya warga negara Indonesia yang kehilangan pekerjaan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mungkin membuka usaha kecil-kecilan di rumah bisa menjadi solusinya. Salah satunya adalah dengan membuka toko kelontong di rumah. Meskipun bukan merupakan bisnis besar, namun jika dikelola dengan baik akan dapat menjadi sumber kehidupan yang menjanjikan di masa sulit ini. Lalu apa saja yang harus Anda lakukan ketika akan membuka toko kelontong agar sukses?

Tips Sukses Menjalankan Usaha Toko Kelontong

Membuka toko kelontong tidak bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Meskipun terbilang membutuhkan modal yang kecil, namun harus diperhatikan setiap detail nya agar dapat dirasakan keuntungannya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kesuksesan toko kelontong.

  1. Memilih tempat yang strategis

Pemilihan tempat usaha harus disesuaikan dengan target pasar. Hindari pemilihan tempat yang sulit diakses oleh pembeli karena akan berakibat toko sepi. Pilihlah tempat yang strategis namun tetap harus menyesuaikan dengan modal usaha. Jika dirasa modal belum cukup untuk membuat sebuah bangunan yang kokoh, mungkin bisa diawali dengan membuat stand yang tidak permanen atau menyewa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Namun akan lebih baik jika toko di buka di depan rumah sendiri, sehingga dapat meminimalisir pengeluaran.

  1. Menawarkan dagangan yang beragam

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting dengan lokasi yang strategis adalah pemilihan dagangan. Usahakan untuk menyediakan barang dagangan yang beragam agar pembeli senang datang ke toko kelontong Anda. Agar dapat menyediakan barang dagangan yang beragam dengan modal yang Anda miliki, maka haruslah memilih tempat kulakan yang tepat pula. Lakukan survey terlebih dahulu untuk membandingkan harga antar pedagang sehingga Anda dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

  1. Melengkapi dagangan dengan penjualan pulsa

Poin terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah menyediakan jasa jual pulsa di toko kelontong Anda. Pulsa merupakan sebuah dagangan yang tidak membutuhkan modal banyak dengan keuntungan yang pasti. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan handphone, maka kebutuhan pulsa juga akan meningkat. Hal tersebut baik untuk usaha toko kelontong Anda.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan agar toko kelontong dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan sepenuh hati kepada pembeli dan mengetahui kebutuhan mereka untuk keberlangsungan toko yang lebih baik lagi.