Tangan Dan Jari Keriput Setelah Lama-Lama Kena Air, Kenapa ya…?

Posted on

Tangan Dan Jari Keriput Setelah Lama-Lama Kena Air, Kenapa ya…?

Kulit luar yang terdapat pada jari kaki dan tangan kadang terlihat keriput, setelah berenang atau berlama-lama bermain air, hal ini membuat tubuh kita merasa merinding dan bahkan kelihatan unik, namun kejadian seperti ini biasa terjadi setelah kita berenang dan bermain air dengan waktu yang cukup lama. Tak hanya tangan kakipun juga nampak keriput jika belama-lama menggunakan air. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi…?

Menurut para pakar yang ahli di bidang ini, menyebutkan bahwa disaat berlama-lama merendam tangan dan kaki ke air, tampak kerutan kulit yang muncul dengan sendirinya, hal itu disebabkan oleh adanya kontak langsung dengan air, yang bertujuan untuk membantu meraba dan mengambil benda-benda yang basah.

Bahkan jika menggunakan air dalam waktu yang cukup lama, kerutan di beberapa bagian kulit luar iniĀ  kadang juga mengalami lapisan kulit luar tampak kelihata mengembung dan mudah terkelupas. Semua orang akan merasakan hal yang sama, jikamelakukan hal sperti ini.

Bahkan seorang peneliti yang berasal dari sebuah Universitas Inggris, pernah melakukan sebuah percobaan menggunakan beberapa benda, seperti benda kecil yang memilki permukaan licinĀ  dan basah dengan benda lainnya. Hal itu diperagakan menggunakan tangan manusia yang normal / kering, basah dan tangan yang sudah mengalami perkerutan yang mana sama-sama direndam dengan dalam air dengan kurun waktu kurang lebih 35 menit.

Alhasil, kerutan tangan yang paling mengkerut, lebih cepat dibandingkan dengan kerutan yang masih sedikit. Seperti yang di kutip di detikhelth.

Hal demikian menimbulkan beberapa pertanyaan di hati kita, entah kenapa hal ini bisa terjadi. Namun fenomena ini merupakan hal nyata yang kerap terjadi saat berenang atau saat merendam dalam air. Dugaan awal bahwa terjadinya hal kerutan seperti ini, dapat mengurangi resiko kerusakan pada kulit jika memegang benda yang tampak keras.

Perubahan permanen kulit yang seperti ini membuat kita ingin ikut serta melakukan sebuah pengamatan, mengapa dan bagaimana ini semua bisa terjadi….