Thailand Menjadi Tujuan Utama Pusat Produksi Mobil Irit BBM VW

Posted on

Thailand Menjadi Tujuan Utama Pusat Produksi Mobil Irit BBM VW
Beberapa saat lalu salah satu vendor mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) menunda rencana pembangunan pabrik mobilnya di Indonesia. Selang beberapa waktu kabar ini mulai santer terdengar, VW malah dikabarkan sudah memilih Thailand sebagai negara tujuan mereka membuat sebuah pabrik untuk memproduksi mobil irit BBM terbarunya.

Seperti dilansir dari oto.detik.com mengabarkan jika pada (7/9) kemarin VW sudah menyiapkan dana sebesar 1 Miliar Euro untuk dana pembangunan pabrik terbarunya di negara gajah putih tersebut.

 

Rencananya nanti pabrik baru tersebut akan memproduksi sejumlah mobil dengan kapasitas mesin 1.400 cc dengan jumlah produksi sekitar 300 ribu unit di tahun 2019 nanti. Berita ini merebak setelah salah satu majalah di Jerman, Wirtschaftswoche mengabarkan jika VW tengah mempersiapkan proyek pembangunan pabrik di Thailand. Sementara itu, hingga saat ini pihak VW sendiri masih belum memberikan konfirmasi yang jelas mengenai kabar tersebut.

Kabar lain juga menyebutkan jika pihak pemerintah Thailand rencananya pada Selasa nanti akan segera menyetujui pembangunan pabrik VW disana. Dan nantinya VW akan memanfaatkan sejumlah fasilitas pajak yang ada disana sama seperti apa yang diterima oleh Ford serta General Motors.

Sebelumnya VW sudah memiliki pabrik mobilnya di Malaysia. Dari sanalah mobil-mobil seperti Polo, Passat serta Jetta di produksi. Meski sebelumnya VW sudah sempat mengutarakan keinginannya untuk membangun sebuah pabrik baru di Indonesia, namun faktanya rencana tersebut harus ditunda terlebih dahulu terkait adanya gejolak dari segi nilai tukar.