Tidak Harus Menggunakan Obat Untuk Mengobati Batuk

Posted on

Tidak Harus Menggunakan Obat Untuk Mengobati Batuk

Batuk adalah sebuah penyakit yang bisa menghinggapi semua orang. Batuk menyebabkan ribuan orang berobat setiap tahunnya. Banyak obat batuk dijual bebas dan obat batuk adalah obat yang paling laku. Masyarakat berpikir bahwa batuk yang mereka derita harus disembuhkan dengan obat batuk.  Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah kuat yang membuktikan bahwa obat batuk memang efektif mengatasi batuk.

Beberapa penelitian tentang obat batuk antara lain studi analisa pada tahun 2010 tidak menemukan bukti yang mendukung pentingnya penggunaan obat batuk yang dijual bebas. Termasuk obat jenis supresan seperti dextromethropan, atau ekspektoran yang dimaksudkan untuk mengeluarkan lendir di saluran nafas.

Pada tahun 2006 dilakukan survei mengenai sejumlah obat batuk yang diteliti dalam beberapa waktu dan tidak ditemukan bukti bahwa obat itu bisa menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh virus.

Menurut ahli paru kebanyakan obat batuk memberikan rasa tenang pada penderitanya. Kebanyakan penderita batuk juga erasa lebih baik setelah beberapa hari meminum obat batuk sehingga mereka berpikir bahwa obatnya bekerja. Dan menurut seorang ahli batuk tersebut sembuh sendiri, obat hanya membantu sedikit.

Walaupun obat batuk tidak banyak membantu dan efek samping obat ini kecil akan tetapi jika penderita batuk yang batuknya tidak sembuh dalam waktu lima hari sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Dianjurkan untuk berhati-hati ketika memakai obat batuk dan flu. Ada kemungkinan kelebihan dosis sangat besar karena seseorang sangat mungkin mengonsumsi lebih dari satu produk tanpa menyadari bahwa obat yang mereka konsumsi mengandung zat yang sama. Dan yang sering terjadi adalah seseorang yang menderita batuk meminum obat batuk melebihi dosis yang dianjurkan karena mereka merasa batuknya tak kunjung sembuh.

Untuk menyembuhkan batuk bisa dengan menggunakan obat tradisional seperti menambahkan sedikit madu pada teh hangat. Hal tersebut sebenarnya cukup efektif meredakan batuk, terutama pada anak-anak.Batuk adalah cara bagi tubuh untuk mengeluarkan kelebihan lendir atau iritan lainnya, sehingga batuk sebenarnya bukanlah penyakit. Namun akan dirasa kurang nyaman jika tidak meminum obat batuk, entah obat itu bekerja ataupun tidak.