Tips Mencegah Osteoporosis pada Wanita

Posted on

Tips Mencegah Osteoporosis pada Wanita

Wanita merupakan makhluk yang paling rentan dengan penyakit osteoporosis. Selain karena kurangnya asupan makanan yang berkasium tinggi, wanita biasanya cenderung untuk malas bergerak aktif. Entah karena kasibukan mengurus keluarga atau karena kesibukan bekerja, Wanita biasanya enggan untuk melakukan olahraga yng mempu menguatkan otot dan tulang. Padahal osteoporosis mengintai di masa tua setiap wanita. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengetahui cara untuk mencegah penyakit tulang ini. Berikut tips untum mencegah osteoporosis pada wanita:

 

1. Konsumsi Kalsium
Salah satu penyebab utama terjaadinya osteoporosis adalah kekurangan kalsium. Jadi kalsium merupakan kebutuhan pokok tulang agar terhindar dari penyakit osteoporosis. Oleh karena itu, bagi wanita sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu, bayam, dan semacamnya. Tidak hanya itu, untuk wanita yang sudah menopause kalsium tetap dibutuhkan bagi tubuh. Untuk itu, bagi wanita yang sudah berhenti dating bulan, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen yang kaya akan kalsium.

2. Hindari Diet Ketat
Diet yang ketat sangat berpotensi untuk terkena penyakit osteoporosis. Karena pada saat seseorang berusaha menurunkan berat badan dengan cepat maka asupan biasanya orang tersebut enggan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Untuk itulah, diet yang ketat merupakan pilihan yang buruk untuk kondisi tubuh.

3. Kontrol Berat Badan
Berat badan berlebih merupakan memberikan peluang bagi tubuh untuk terkena penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan beban yang cukup berat bagi tulang. Jadi semakin berat badan seseorang maka resiko osteoporosisnya semakin besar.

4. Sinar Matahari
Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang gratismudah didapat tanpa mengeluarkan sepserpun. Namun, kadang seseorang enggan untuk berjemur dengan alas an tertentu. Padahal, berjemur merupakan sumber dari vitamin D, sedangkan vitamin D merupakan salah satu sumber produksi kalsium dalam tubuh. Jika asupan vitamin D tercukupi maka kebutuhan kalsium juga akan terpenuhi.

5. Olahraga teratur
Olahraga teratur merupakan salah satu bagian penting dari pola hidup sehat. Tidak hanya mencegah dari penyakit osteoporosis, oralah raga teratur juga mencegah dari beberapa penyakit lain. Khusus untuk osteoporosis, dengan olah raga teratus maka tulang akan lebih kuat.

Itulah cara alami untuk mencegah dari penyakit osteoporosis. Oleh karena itu, mulailah cegah osteoporosis mulai sekarang walaupun dengan cara yang sederhana seperti di atas. karena mencegah merupakan pilihan yang terbaik daripada mengobati.