Tips Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Tips Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Posted on

Pernahkah kamu Ketika Anda membeli paket kuota Indosat lokal tetapi ketika Anda ingin menggunakan internet tidak berfungsi? Kondisi seperti ini sering terjadi terutama bagi Anda yang tinggal di daerah terpencil. Kuota lokal Indosat sendiri merupakan salah satu paket internet dari IM3 yang dapat digunakan selama 24 jam penuh tanpa ada waktu sharing. Biasanya paket ini juga menawarkan bonus tambahan berupa akses unlimited ke Youtube, Facebook dan WhatsApp. Masalahnya, tak sedikit pengguna yang mengeluhkan paket kuota lokalnya tidak bisa digunakan untuk berinternet. Dan hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lokasi yang belum terjangkau jaringan Indosat.

Tips Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Kuota Internet Lokal Indosat Tidak Dapat Digunakan

Sebenarnya banyak alasan kenapa kuota lokal IM3 tidak bisa digunakan atau koneksi menjadi lambat. Namun, salah satu yang paling berpengaruh adalah dari tempat pengguna berada. Hal ini dikarenakan jika Anda berada di lokasi yang jauh maka kekuatan sinyal IM3 Indosat yang akan Anda dapatkan juga sangat kecil. Jadi sebaiknya cek dulu berapa jalur sinyal Indosat yang anda dapatkan. Namun jika Anda sudah berada di lokasi yang terjangkau oleh jaringan Indosat, namun kuota lokal yang Anda miliki tidak dapat digunakan. Anda perlu curiga dan harus segera mengecek satu per satu penyebab di bawah ini.

  1. Pengaturan APN Salah

Alasan utama mengapa kuota lokal Indosat masih belum bisa digunakan untuk internet bisa jadi karena pengaturan APN yang salah. Karena setiap layanan kartu operator pasti memiliki setting APNnya masing-masing, jadi APN Smartfren tidak bisa digunakan untuk kartu Indosat.

  1. Kartu dalam Masa Tenggang

Lalu yang tidak kalah pentingnya adalah masa tenggang kartu yang sedang digunakan. Sebagaimana kita ketahui, jika kartu dalam masa tenggang, semua akses dari layanan kartu tidak akan digunakan, terutama untuk mengakses internet.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat yang Tidak Terpakai

Jika sudah tidak ada lagi masalah dengan kartu Indosat yang Anda gunakan, tetapi Anda tetap tidak bisa menggunakan kartu tersebut untuk berselancar. Jadi tidak perlu khawatir karena saya akan menjelaskan tips mengatasi kuota lokal Indosat agar dapat digunakan kembali dengan lancar. Jadi, inilah cara yang bisa Anda coba:

  1. Ubah Pengaturan APN

Harap dicatat, setiap kartu penyedia layanan APN akan berbeda. Jadi APN Indosat sudah pasti tidak sama dengan APN Smartfren, jadi anda perlu menyesuaikan pengaturan APN Indosat secara manual agar mendapatkan koneksi internet yang lancar. Walaupun Indosat secara otomatis akan menyediakan APN default, namun terkadang APN ini tidak dapat digunakan untuk akses internet di jaringan 3G dan 4G. Untuk itu silahkan atur APN Indosat secara manual dengan APN 2020 terbaru.

  1. Reset Android

Biasanya setelah merubah setting APN, Andorid perlu direstart agar bisa diterapkan. Jadi setelah kalian berhasil melakukan cara sebelumnya silahkan langsung restart hp android yang digunakan.

  1. Hidupkan Mode Pesawat

Airplane mode adalah mode yang bisa digunakan untuk mengatasi kuota lokal Indosat yang tidak bisa digunakan. Karena hanya dengan mengaktifkan mode pesawat, semua jaringan Indosat akan otomatis terupdate setelah mode ini dimatikan.

  1. Hubungi CS Indosat

Nah, jika sudah yakin tetap tidak bisa menggunakan kuota lokal Indosat meski sudah berada di lokasi tertutup. Jadi buat anda yang bertanya kenapa Paket Lokal Indosat yang sudah ada tidak bisa digunakan, mohon kirimkan keluhan ini ke Customer Service Indosat Ooredoo. Jika semua cara di atas sudah dicoba, namun koneksi internet masih terasa lambat, Anda bisa mencoba membaca artikel cara mengatasi jaringan indosat lemot agar koneksi bisa lebih stabil dan lancar.