Tips Mengatasi WIFI Menolak Akses

Posted on

 

Masalah umum bagi pengguna WIFI IndiHome adalah bahwa FUP atau WIFI tidak dapat dihubungkan dan muncul peringatan menolak akses saat terhubung ke perangkat PC atau Laptop. Masalah ini memang bisa terjadi kapan saja, terutama bagi yang menggunakan perangkat WIFI Router seperti MIFI, Modem atau Tethering Hotspot. Salah satu alasan mengapa akses WIFI ditolak bisa karena kata sandi yang salah, terblokir dan sebagainya. Nah, cara terbaik agar WIFI tidak menolak akses saat ingin terkoneksi dengan perangkat HP, PC dan Laptop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, jadi simak terus artikel ini hingga selesai!

Cara Mengatasi WIFI Menolak Akses

Adapun cara mengatasinya biasanya saya lakukan secara bertahap, mulai dari mencoba cara termudah hingga cara yang cukup rumit. Tapi tenang saja, cara ini tetap bisa kamu coba langsung lewat hp android atau pc laptop.

  1. Kata sandi salah
    Penyebab WIFI menolak akses di Android mungkin karena Anda memasukkan kata sandi yang salah. Jadi pastikan Anda sudah memasukkan password yang benar sesuai dengan password WIFI yang akan disambungkan. Pengubahan password WIFI juga dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Dashboard, dan pengguna WIFI IndiHome dapat membukanya melalui alamat IP. Tetapi jika Anda menggunakan WIFI publik, tanyakan kata sandi kepada pemilik WIFI.
  2. Nyalakan kembali Perangkat WIFI
    Kemudian untuk cara mengatasi WIFI yang menolak akses saat ingin terhubung adalah dengan merestart perangkat WIFI. Namun, metode ini hanya berlaku untuk Anda pengguna router WIFI seperti MIFI dan Modem. Nah buat anda yang bertanya-tanya kenapa jaringan WIFI tidak bisa diakses? padahal kamu sudah memasukkan password yang benar? Mungkin hal ini bisa disebabkan oleh sistem pembacaan yang tidak maksimal jika perangkat belum dimatikan dan dihidupkan kembali.
  3. SSID Tersembunyi
    Selanjutnya yang bisa Anda coba agar akses WIFI tidak menolak adalah mengubah setting SSID dari hidden menjadi public. Karena jika SSID masih di hidden / hidden setting, bisa jadi akses WIFI akan sangat sulit. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu kalau koneksi WIFI bisa disembunyikan. Jadi jika Anda memiliki jaringan WIFI pribadi, Anda dapat menyembunyikan jaringan tersebut agar tidak ketahuan oleh orang lain atau orang di lokasi terdekat.
  4. Akses yang Diblokir
    Jika semua langkah di atas sudah dicoba, namun pengaksesan WIFI tetap ditolak. Maka Anda perlu mencurigai bahwa perangkat yang Anda gunakan telah diblokir oleh jaringan, atau mungkin pemiliknya telah mengubah alamat IP WIFI dengan yang baru. Untuk mengetahui lebih pasti, silakan cek daftar blokir di halaman pengaturan WIFI. Biasanya akan terlihat perangkat mana yang terhubung dan diblokir, sehingga akan muncul nama perangkat HP sesuai merk seperti Vivo, Oppo A3s atau Samsung.
  5. Ubah Alamat IP Otomatis
    Cara pertama ini bisa anda gunakan jika laptop anda bisa terkoneksi dengan wifi tapi tidak ada akses internet, biasanya ada tanda seru pada icon wifi tersebut. Coba cek setting IP address pada wifi adapter, mungkin ada yang mengubahnya menjadi statis. Mengganti alamat IP statis memang perlu untuk menggunakan fitur File and printer sharing, namun jika laptop Anda sering terkoneksi dengan wifi yang berbeda, maka akan menjadi masalah. Karena tidak semua wifi memiliki gateway default IP yang sama.