Toksoplasma Bisa Disebabkan Konsumsi Daging Belum Masak

Posted on

Toksoplasma Bisa Disebabkan Konsumsi Daging Belum Masak

Makanan terbuat dari daging setengah matang kerap menjadi hidangan bagi sejumlah restoran, warung hingga beberapa rumah makan. Mereka menawarkan masakan dengan bahan utamanya daging yang dimasak belum matang. Sebut saja steak, ham, hingga masakan khas Indonesia, sate. Memang masakan daging belum masak ini memberikan citarasa sendiri. Wajar jika sampai saat ini masakan dengan daging setengah matang atau belum masak masih menjadi pilihan utama. Apalagi di Indonesia yang kaya akan kuliner. Jadi masakan daging seperti ini merupakan salah satu menu yang kadang menjadi andalan sebuah rumah makan.

Namun dibalik citarasa yang istimewa, ternyata daging belum matang memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian menyebutkan daging yang belum masak sangat rentan dengan penyakit Toxoplasma. Penyakit yang disebabkan oleh parasit berbahaya ini ternyata mengintip para penikmat daging belum masak. Mengingat penyakit ini merupakan ancaman bagi janin, maka sebaiknya wanita yang tengah hamil tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari daging belum masak ini.

Seperti yang diketahui Toxoplasma merupakan penyakit yang sangat mengganggu kesuburan. Sehingga penyakit ini sering disebut sebagai alasan seseorang tidak memiliki anak. Sebagian juga menyebutkan bahwa penyakit ini menyebabkan gangguan protivitas seseorang untuk memperoleh keturunan. Oleh karena itu, wanita hamil sangat rentan dengan tertular penyakit ini. Makin tua usia kehamilan makin tinggi pula resiko terjangkit penyakit ini.

Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh kuman atau bakteri yang disebut tokso. Kuman tokso biasanya menjangkit melalui kedekatan terhadap mamalia kucing. Akan tetapi bagi yang memiliki kekebalan tubuh yang cukup baik, gejala penyakit ini kerap tidak Nampak. Namun, akan memberikan efek pada kehamilan. Efek tersebut disebabkan karena kuman tokso menyerang janin. Sehingga memberikan efek pada kehamilan seseorang.

Namun banyak temuan baru yang menyebabkan seputar penyakit Toksoplasma. Salah satunya adalah penyebaran kuman atau bakteri ini. Sebelumnya dipercaya bahwa binatang kucing sangat berpotensi penyebaran penyakit ini. Akan tetapi saat ini bakteri tokso juga bisa disebabkan karena pola makanan. Pola makanan yang dimaksud adalah konsumsi daging yang belum matang. Selain itu juga beberapa sayuran yang tidak dibersihkan dengan benar juga beresiko tinggi terjangkit ini.