Wisata Pemandian Umbul Pengging

Posted on

Wisata Pemandian Umbul Pengging

Wisata Pemandian Umbul Pengging

Umbul pengging adalah sebuah kompleks pemandian peninggalan kasunanan surakarta yang terletak di desa dukuh kecamatan banyudono kabupaten boyolali provinsi jawa tengah. Pemandian ini dibangun oleh Raja Kasunanan Surakarta yaitu Sri Paduka Pakubuwono X. Menurut cerita masyarakat setempat, pada awalnya pemandian ini merupakan tempat bersantai raja dan keluarganya. Hal ini tampak dari bangunan tempat peristirahatan yang berada di dekat kolam pemandian ini. Pada zaman dahulu, pemandian ini tidak dibuka untuk masyarakat umum. Namun seiring berjalannya waktu, Pemandian Umbul Pengging kini bebas dimasuki setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan taman dan kesejukan airnya. Umbul Pengging merupakan kawasan wisata yang memadukan antara wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata alam dalam satu kawasan. Berikut ini hal-hal yang harus diketahui tentang pemandian umbul pengging :

1. Sejarah : Pengging adalah nama kuno untuk suatu wilayah yang sekarang terletak di antara solo dan yogya (kira-kira mencakup wilayah boyolali dan klaten serta mungkin salatiga). Pusatnya sekarang diperkirakan terletak di banyudono boyolali. Nama pengging disebut-sebut dalam legenda Rara Jonggrang tentang pembangunan kompleks candi prambanan. Selanjutnya dalam sejumlah babad yang menerangkan penyebaran agama Islam di selatan jawa wilayah ini kembali disebut-sebut dengan tokohnya Ki Ageng Pengging. Tokoh ini dikenal sebagai pemberontak di wilayah kesultanan demak. Kalangan sejarah di Jawa banyak yang menganggap bahwa Pengging adalah cikal-bakal kerajaan pajang, kerajaan yang mengambil alih kekuasaan di Jawa setelah kesultanan demak runtuh.
2. Tarif masuk : Untuk biaya masuk lokasi wisata air unggulan Kabupaten Boyolali ini pengunjung hanya diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 2.000 per pengunjung (Rp 3.000 saat hari libur besar). Sementara untuk masuk tiap umbul akan dikenakan biaya tambahan bervariasi dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000 saja.

Demikian artikel saya yang berjudul pemandian umbul pengging, semoga dapat menjadi referensi anda untuk mencari tempat rekreasi. Untuk informasi lebih detail tentang tempat wisata tersebut, anda bisa mencari ke sumber lain atau langsung datang ke lokasi wisata tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih.