Wisata Ziarah di Gunung Kemukus

Posted on

Wisata Ziarah di Gunung Kemukus

Wisata Ziarah di Gunung Kemukus

Tidak terasa, beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan tiba. Selama liburan puasa dan lebaran nanti, apakah anda sudah menetapkan tujuan berlibur anda? Kalau belum, mungkin yang akan saya sajikan kepada anda ini akan menarik perhatian anda. Di dalam artikel yang saya tulis ini, akan dibahas tentang wisata ziarah di Gunung Kemukus. Sebelum anda pergi berlibur ke sana, ada beberapa informasi menarik seputar wisata ziarah di Gunung Kemukus antara lain :

1. Keadaan alam : Dilihat dari namanya, anda pasti sudah tahu bahwa tempat ini merupakan sebuah gunung, atau lebih tepatnya bukit. Bukit ini tidak terlalu tinggi, hanya mencapai 300 meter di atas permukaan laut, sehingga anda bisa menapaki puncak dengan jalan setapak yang ada. Di sekelilingnya terdapat banyak pohon-pohon besar. Di bukit ini anda bisa berziarah ke makam Pangeran Samudro (tokoh bersejarah zaman kerajaan Majapahit) dan 2 makam lainnya. Di sana anda juga bisa menjumpai sumber air bernama Sendang Ontrowulan. Di sana anda juga tidak bakal kebosanan, karena di kanan kiri anda banyak terdapat pohon-pohon besar berumur ratusan tahun sehingga anda bisa menikmati pemandangan alami sambil merasakan segarnya udara di sekitar kawasan.
2. Lokasi dan Transportasi : Area wisata zaiarah ini berlokasi di Pendem, Sumber Lawang, Kabupaten Sragen. Jika anda berangkat dari Kota Sragen, anda hanya butuh sekitar 45 menit menaiki kendaraan bermotor untuk mencapai lokasi tersebut. Namun jika anda berangkat dari Kota Solo, anda harus menaiki kendaraan bermotor selam kurang lebih 30 menit. Sesampainya di Barong, anda harus menaiki perahu untuk menyeberangi Waduk Kedung Ombo menuju Gunung Kemukus.
3. Tarif : Tiket masuk yang harus anda bayar untuk memasuki Gunung Kemukus cukup murah, yakni hanya dengan Rp. 7.500. untuk penyewaan perahu, dipatok dengan harga tertentu. Ini tergantung kepandaian anda dalam tawar menawar harga dengan si pemilik perahu.

Itulah beberapa informasi menarik tentang wisata ziarah di Gunung Kemukus dari saya, semoga apa yang saya sajikan dapat menambah pilihan dalam mengisi hari libur anda. Sampai jumpa!